PERSPEKTIF LAKI-LAKI JAWA TERHADAP PEREMPUAN DALAM CERPEN ANDE ANDE LUMUT KARYA RATNA INDRASWARI IBRAHIM DAN DONGENG ANDE-ANDE LUMUT KARYA TIRA IKRANEGARA (KAJIAN STRUKTUR NARATIF)

Authors

  • ulum janah universitas balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/jurnalprologue.v4i1.37

Abstract

Tulisan ini berjudul Perspektif Laki-Laki Jawa terhadap Perempuan dalam Cerpen Ande Ande Lumut Karya Ratna Indraswari Ibrahim dan Dongeng Ande-Ande Lumut Karya Tira Ikranegara dengan menggunakan kajian struktur naratif. Struktur naratif dalam cerpen Ande-Ande Lumut karya Ratna Indraswari ibrahim dan dongeng Ande-Ande Lumut karya Tira Ikranegara memperlihatkan formula penceritaan cerita romantis yang berkisah sepasang kekasih saling mencintai dan dihadapkan pada masalah namun pada akhirnya mereka bersatu. Walaupun dengan plot yang berbeda antara cerpen dengan dongengnya, keseluruhan cerita mempunyai inti atau dasar cerita yang sama dengan melibatkan ketertarikan artistik dan kultur penciptaan cerita itu sendiri. Hal tersebut akan efektif bergantung kerangka kerja penerimaan imajinasi, pengalaman dan ketertarikan pembaca.
Hasil analisis diperoleh bahwa sosok perempuan dari sudut pandang laki-laki Jawa yang sebagian besar mengharapkan bahwa ia harus dapat memahami makna ma telu, masak, macak, dan manak. Pandangan demikian, telah mengantarkan posisi “terhormat” di hadapan laki-laki, saat itu. Selain itu, perempuan diharapkan dapat menjaga baik buruk nama suami walaupun ada kepedihan di sana karena pada akhirnya ia akan mendapatkan hadiah terbaik akan kekuatan yang dimilikinya untuk menjadi perempuan yang dapat dihargai.

Downloads

Published

2020-08-07

How to Cite

janah, ulum. (2020). PERSPEKTIF LAKI-LAKI JAWA TERHADAP PEREMPUAN DALAM CERPEN ANDE ANDE LUMUT KARYA RATNA INDRASWARI IBRAHIM DAN DONGENG ANDE-ANDE LUMUT KARYA TIRA IKRANEGARA (KAJIAN STRUKTUR NARATIF). Prologue: Journal on Language and Literature, 4(1). https://doi.org/10.36277/jurnalprologue.v4i1.37

Most read articles by the same author(s)